September 9, 2009

Potret Kehidupan Anak Jalanan


potret anak jalanan

Betapa beratnya hidup dari seorang anak jalan, mereka tidak sekolah, tidur di kolong-kolong jembatan, mencari uang di jalanan, dan makan apa adanya. Di usia yang masih sangat dini, mereka (anak jalanan) berusaha mencari nafkah sendiri agar bisa tetap bertahan dari kerasnya kehidupan yang mereka hadapi ini.

  • Apakah anda tahu, saya harus bangun jam berapa ? supaya saya dapat kardus dan botol air mineral bekas yang banyak, biar tidak rebutan sama teman-teman.
  • Apakah anda tahu kalo saya dan adik-adik saya pernah tidak makan nasi selama 3 hari ?
  • Apakah anda tahu kalo adik-adik saya sampe sekarang tidak punya akte lahir ? katanya bikin akte lahir sekarang ini "murah"nya udah ngga ketulungan.
  • Apakah anda tahu kalo ayah saya pernah berantem sama petugas tramtib hanya karena ingin mempertahankan gerobaknya ?
  • Apakah anda tahu kami mainnya dimana ? benar kata Bang Iwan bahwa "tanah lapang hanya tinggal cerita, yang nampak mata hanya para pembual saja".



"Sudah seharusnya kita bersyukur bisa hidup lebih baik, lebih nyaman dari mereka. Janganlah sombong dengan harta yang kita punya, kita juga harus membantu mereka yang sedang susah".

13 comments:

  1. udah pernah ngrasain neh bro jadi anak jalanan,,dulu pas broken home..,,tapi syukur dah skrang home ku udah gak broken lagi,,wakkakaka

    ReplyDelete
  2. @ganool : wah udah prnah bro? jgn sampe terulang lagi bro...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. i want to help you all my little friend...

    ReplyDelete
  5. kebahagian itu dari hati bukan dari harta :) semangat

    ReplyDelete
  6. helllo...
    gw sngat senang melihat anak-anak bangsa seperti ini,,,
    gw terharu bila mendengar atau melihat secara jelas keadaan dan tentang kehidupan anak jalanan ini,,,
    andaikan gw bsa membantu mereka, pasti semua akan bahagia n tidak kan seperti yang mereka lakukan sekarang ni,,,
    pokok nya semanagt j dech buat anak-anak jalanan di dunia,,,
    semangat,,semangat,,semangat....... !!!!

    ReplyDelete
  7. asslm swdara2qu , subhanallah melihat seorang adik, kakak , ibu , bapak disana yang menunjukkan semangat untuk hidup hanya demi sesuap nasi. beruntunglah untuk orang yg setiap hri membuang nasi , waktu dan tenaga hanya untuk yg sia2 .
    janjiku untuk kalian swdaraqu yg saat ini hanya sementara berada dijalan , akan aku angkat derajat kalian diatas org2 yg tak pernah berpikir betapa susahnya mencari uang. semangat , laa hawla walaquwwata illa billahil aliyyil'adziim.......

    ReplyDelete
  8. tak slamanya hidup di jalanan menyedihkan, terikan bukan untuk putus asa tapai akan sebuah perlawanan menantang kerasnya hidup

    ReplyDelete
  9. aku salud sama mereka (anak jalanan )..
    mereka kuat ,mereka tegar , mereka sakit , tetapi mereka tak pernah berhenti berusaha untuk tetap hidup ..
    good luck,,
    tetap berusaha untuk jadi yang lebih baik ,,
    smangat ...

    ReplyDelete
  10. ya memang benar kita seharusnya bersyukur karena kita bisa hidup lebih baik dari pada mereka. seharusnya kita bantu mereka dari kesusahan kita harus perjuangkan anak-anak jalanan menjadi anak-anak yasng lebih layak mendapatkan pendidikan

    ReplyDelete
  11. semangat ajha,..,.
    mga suatu saat nanti kalian akan lebih sukses dari pada kami2 ini,.,.,

    karena lami ingin membantu kalian namun tak bza berbuat apa2

    ReplyDelete
  12. kehidupan Sang Pencipta telah mengaturnya..
    berdoa dan berusaha senjata manusia untuk meraih segala apa yang diinginkan..
    Sang Pencipta adil atas segala hal yang dikehendakinya, meskipun sebagian atau bahkan kita sulit untuk menerima yang tidak sekehendak dengan-Nya..
    yang terpenting jadikan kehidupan yang dijalani bagian dari proses untuk menuju kehidupan yang lebih baik...

    ReplyDelete