September 17, 2009

The Next Superpower






"A Superpower, is a state with a leading position in the international system and the ability to influence events and project power on a worldwide scale."

(wikipedia.org)






4 bangsa terbesar di dunia
:
1. China
2. India
3. Amerika Serikat
4. Indonesia

Amerika sudah menjadi world superpower. China dan India, dipastikan akan menjadi bangsa superpower selanjutnya. Bangsa terbesar ke-4 dunia, Indonesia masih belajar. Ketiga bangsa terbesar diatas sudah belajar selama ratusan tahun, dimana mereka sudah mengalami masa-masa yang paling berat. Tapi begitu mereka belajar, mereka langsung bangkit menjadi kekuatan raksasa.

Bangsa-bangsa kecil dan menengah, seperti Singapura dan negara-negara Eropa, bila mereka belajar dengan sungguh-sungguh, mereka akan menjadi bangsa yang maju. Tapi bangsa-bangsa terbesar di dunia, ketika sudah saatnya mereka belajar, mereka tidak hanya akan jadi sebuah bangsa maju. Mereka akan menjadi sebuah kekuatan besar dunia, A Superpower.

Ketika zaman Soekarno, Indonesia menjadi salahsatu kekuatan politik global terbesar di dunia. Bahkan Amerika, Uni Sovyet, dan China sangat menghormati kekuatan Indonesia. Presiden Kennedy sampai mengadakan upacara kenegaraan khusus di bandara waktu menyambut kedatangan Soekarno di Amerika, April 1961.


Soekarno, adalah salahsatu pemimpin dunia pertama yang diundang Presiden Kennedy setelah pelantikannya menjadi presiden 20 Januari '61. Negara-negara tetangga Indonesia saat itu adalah kekuatan kecil yang tidak terlalu signifikan. Padahal, saat itu Indonesia adalah juga salahsatu bangsa termiskin di dunia.

Andai saja pada saat itu Indonesia sudah mempunyai ekonomi yang kuat!
Di zaman Soeharto, karena dasyatnya akselerasi ekonomi pada waktu itu, Indonesia pernah dinobatkan sebagai salahsatu calon kuat Asian Tiger. Pertumbuhan ekonominya pun nyaris mencapai 8% menjelang 1997. Investasi global mengalir ke Indonesia, badan-badan ekonomi dunia, IMF, World Bank, memuji kemajuan Indonesia. Padahal, saat itu Indonesia adalah salahsatu negara terkorup di dunia.

Seandainya korupsi benar-benar di minimalisir, seberapa cepat lagi pertumbuhan ekonomi Indonesia saat itu, 9 persen? 10 persen? Jika ini sudah dilakukan 10 tahun yang lalu, Indonesia sekarang sudah menjadi salahsatu kekuatan ekonomi terbesar dunia, negara super kaya dan makmur, seperti China dan India sekarang.



"Suatu hari nanti, Indonesia, akan menjadi mercusuar bagi seluruh dunia!"
Presiden Pertama Indonesia, Soekarno

sumber : Imperium III

4 comments: