August 22, 2009

Sejarah 300 Sparta


THIS IS SPARTA! itu pasti yang terpikir pertama kali waktu anda mendengar nama ‘Leonidas’ Sang Pemimpin Dari Para 300 Sparta Pemberani Itu.



Sparta dikenal sebagai negara pemegang kekuatan militer yang tidak pernah bisa dibandingkan di jamannya oleh negara manapun, kemiliteran Yunani kuno dibawah kekuasaan Sparta. Mereka tidak pernah bekerja, semua tugas makanan dan lain-lain dikerjakan oleh budak-budak yang mereka peroleh dari wilayah yang telah mereka kalahkan. Pengawasan budak-budak agar tidak kabur pada saat bekerja di serahkan pada anak remaja Sparta.



Dikisahkan di film 300 bahwa Spartan hanya berjumlah 300 dan menghadang pasukan raja Xerxes yang kemayu itu sendirian dengan bantuan figuran segelintir Thespians. Tetapi kenyatannya bahwa di sejarah mereka tidaklah berjumlah segitu, yang benar adalah 300 Sparta, 700 Thespians, and 400 Thebans semuanya dipimpin oleh Raja Sparta bernama King Leonidas melawan Pasukan Persia yang dipimpin oleh raja Xerxes.

Petempuran ini terjadi di bulan agustus 480 BC dikenal dengan "Battle of Thermopylae". 300 Spartan, Thespian, Thebans, akhirnya King Leonidas mengalami kekalahan. Tapi berkat mereka setahun kemudian Yunani bersatu untuk melawan Xerxes, tetapi icon perang ini adalah Sparta, karena raja mereka provokator tawuran pertama melawan Xerxes.



Sparta kembali maju berperang di tahun 371 BC dengan nama "Battle of Leuctra". Untuk pertama kalinya mereka merasakan kekalahan walaupun sudah menyerang dengan kekuatan penuh, inilah awal titik mula kehancuran sparta. Sparta tidak pernah pulih dari kekalahannya di perang ini, faktor kehilangan banyak orang dewasa dan pemberontakan budak-budak yang tak puas hanya makan makanan sisa membuat mereka makin lemah.

Raja Philip II dan anaknya yang superior tapi freak: Alexander The Great pernah berusaha menghancurkan Sparta, karena walaupun dinilai mereka sudah lemah, tetapi kemampuan beladiri Spartan tetap menjadi ancaman mereka dalam menguasai Yunani. Dari kisah ini terlahir anekdot bahwa Raja Philip II mengirim berita ke Sparta “Jika aku sudah memasuki Laconia, Aku akan meratakan Sparta sama dengan tanah.” Dan Sparta hanya menjawab “Jika”

Pada akhirnya Sparta tetap survive sampai pada jaman kerajaan romawi pada saat Yunani ditakhlukkan oleh jendral Romawi bernama Lucius Mummius, Sparta menjadi negara yang lumayan damai dan banyak dimasuki oleh turis yang ingin melihat kebudayaannya.

Setelah itu Sparta terlibat pertarungan melawan Viking, dan Sparta memenangkan perang ini, tetapi belum ada bukti pasti tentang cerita ini. Sungguh, pasukan yang patut dikenang akan kehebatan mereka.

'WE ARE SPARTAN ! NEVER RETREAT ! NEVER SURRENDER ! DIE IN BATTLE FIELD IS OUR GREATEST GLORY ! '


45 comments:

  1. Kisah yang sangat menarik sekali.

    Anak-anak dari golongan berkuasa (Spartiate) dilatih menjadi militer. Di bawah golongan militer adalah golongan perioeci (tukang dan pedagang) dan helot (budak-budak). Hanya kaum Spartiate yang memiliki hak hukum dan hak sipil.

    Salam sukses buat www.jodysmoove.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. bisa di kasi tau ga alasan kenapa sparta tetap kalah waktu menyerang persia dengan kekuatan penuh.

    ReplyDelete
  3. asli neh crita keren,, apalagi filmnye,,,,

    ReplyDelete
  4. Quote: bisa di kasi tau ga alasan kenapa sparta tetap kalah waktu menyerang persia dengan kekuatan penuh.


    Pertempuran Thermopylae adalah suatu pertempuran pada 480 SM antara aliansi negara-kota Yunani melawan invasi Kekaisaran Persia yang berlangsung di celah Thermopylae di Yunani tengah. Walaupun jauh lebih sedikit jumlahnya, pasukan Yunani berhasil menahan Persia selama tiga hari pada pertempuran yang dianggap sebagai salah satu pertahanan terakhir paling terkenal ini. Sejumlah kecil pasukan yang dipimpin oleh Raja Leonidas dari Sparta menghalangi satu-satunya jalan yang dapat dilalui oleh pasukan besar Xerxes I dari Persia. Setelah tiga hari pertempuran, seorang penduduk lokal bernama Ephialtes berkhianat dengan membongkar jalur rahasia melalui pegunungan yang dapat dilalui untuk menembus garis pertahanan Yunani. Pasukan Persia berhasil menguasai celah tersebut dengan menderita kerugian yang sangat besar, tak seimbang dengan kerugian yang diderita pasukan Yunani.

    ReplyDelete
  5. lebih bnyak lagii . . ak ngefans sama bangasa ini . .

    ReplyDelete
  6. menurut saya negara sparta cukup ideal! walau bnyak norma yang menentang

    ReplyDelete
  7. Stelah spartan yg dpimpim leonidas kalah, 1 tahun kemudian kan ada perang lg.. Nah knapa sparta kalah lg??
    Bisa djelaskan?

    ReplyDelete
  8. buat Anonymouse di atas yang suka nylot : Battle in Thermopylae bukan pertempuran untuk langsung mengalahkan Persia, Raja Leonidas memilih 300 Pasukan Sparta hanya untuk menahan Persia selama mungkin hingga Seluruh Yunani bisa besatu untuk memukul mundur Persia, memang tdk hanya 300 Sparta saja, ada sekitar 700 Thespians, 400 Thebans, namun jika dikalkulasi seluruh angkatan perang Persia saat itu berjumah 2.500.000 lebih...
    sementara dari pihak Yunani yang dipimpin Sparta hanya berjumalh sekitar 3000-an sja...
    dan dgn Sparta dibagian terdepan psukan persia selama 2 hari tdak mampu menembus pertahanan Sparta, hingga akhirnya dihari ke 3, seorang Yunani bernama Ephialtes menghianati Sparta dengan memeberi tahu jalan rahasia dari blakng bukit untuk mengepung Sparta dan pasukan Yunani lainnya, banyak dari pihak Yunani yang mundur sebelum dikepung namun 300 Sparta dgn hukumnya ttp bertahan didampingi sekitar 700 Thespians, diserang dari 2 sisi, Yunani akhirnya kalah, namun dari keseluruhan korban yang diperkirakan selama 3 hari pertempuran, pasukan Sparta dan Yunani hanya menderita kerugian yang sedikit sejak hari pertama hingga 1000 lebih tewas disaat2 terakhir, sedangkan pihak Persia yang dipimpin Xerxes ada sekitar 20.000 korban, bisa byangkan Sparta dibagian trdepan membunuh sekitar 10.000 lebih pasukan persia dengan 300 orang, sementara pasukan Yunani lainnya hanya membantu dari blkang,. Setelah pertempuran ini...Setahun kemudian seluruh Yunani bersatu dan bertempur kembali melawan Xerxes dan disni Persia dikalahkan termasuk di pertempuran setelah itu... Battle of Salamis (480 BC) & Battle of Plataea, bahkan diperang2 sebelumnya saat invasi dari Persia sebelum Xerxes, Yunani dan Sparta pun menang hampir disetiap pertempuran, contohnya saja di Battle of Mycale dll... Pada intinya pasukan2 Yunani hampir disetiap pertempuran kalah sedikit, banyak jumlah yang tidk adil melawan Persia, namun tetap saja kemenangan ada di tangan Yunani dengan Korban yang jauh lebih sediki dari Persia yang memiliki armada perang lebih banyak...

    ReplyDelete
  9. mantab,,,, nih storynya aq salah satu pecinta sejarah bangsa bangsa yunani dan sekitarnya,,,,,,, salam hangat

    ReplyDelete
  10. seeppp ...... this story is great saya salah satu pacinta sparta ..... tankhs.. Tq

    ReplyDelete
  11. apakah spartan masih ada skrang ?

    love spartan's

    ReplyDelete
  12. q pernah nonton leonidas 300 keren tapi q pengen membaca sejarah nya n ternyata sama huhhhh salut bener sama pasukan nya dari bentuk tubuh aja q rasa kalah pasukan xerxes
    tapi sayang ada yang berhianat

    ReplyDelete
  13. cerita yang sangat menarik apakah ada info mengenai kelanjutan bangsa sparta?

    ReplyDelete
  14. yomann coy.... penggemar bangsa romawi ane !!!

    ReplyDelete
  15. gua pecinta majapahit coy...masih kalah sangar Leonidas ama keris,nya Gajah Mada...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangga boleh dengan identitas dan sejarah sendiri, tapi bukan berarti menutup mata dan ga mau belajar dari sejarah bangsa lain. Walau bagaimanapun, sejarah bangsa kita umurnya terbilang sangat muda dibanding bangsa2 besar lain. Apalagi dibanding sejarah yunani.

      Delete
  16. yang benernya sih awalnya pasukan gabungan yunani di thermopylae ada 7000 orang bos. Leonidas yang mimpin pasukan darat dengan 300 pasukan Sparta. Bahkan dicatetan sejarah ada yang bilang 11.000 tapi umumnya ahli sejarah sepakat diangka 7000. Dan kekuatan Persia saat itu rata2 sejarahwan bilang sekitar 300ribu. Meskipun memang ada yang bilang 2juta bukan angka yang mustahil untuk sekelas kerajaan persia.

    Buat yang tertarik nonton kisah pertempuran thermopylae bisa tonton http://www.youtube.com/watch?v=8NHmOG11vLQ&feature=related

    ReplyDelete
  17. If some one desires expert view concerning blogging and site-building after
    that i recommend him/her to visit this weblog, Keep up the nice job.
    Here is my homepage - amber leaf

    ReplyDelete
  18. It is the best time to make a few plans for the longer term and it's time to be happy. I've read
    this publish and if I may I want to counsel you some
    attention-grabbing issues or tips. Perhaps you could write subsequent
    articles regarding this article. I wish to read even more things about it!
    Also visit my weblog ; drum tobacco prices

    ReplyDelete
  19. I visited various sites but the audio feature for audio songs current at this website is genuinely marvelous.
    Also visit my web site - Bodrum property for sale

    ReplyDelete
  20. I don't drop a lot of responses, however i did a few searching and wound up here "Sejarah 300 Sparta". And I do have some questions for you if you do not mind. Is it only me or does it seem like a few of these comments look like left by brain dead visitors? :-P And, if you are writing at additional online sites, I would like to follow anything fresh you have to post. Could you make a list of all of your community pages like your Facebook page, twitter feed, or linkedin profile?
    Here is my page lägenheter till salu i oba Alanya

    ReplyDelete
  21. What's up, for all time i used to check webpage posts here in the early hours in the dawn, as i like to find out more and more.
    Feel free to surf my web blog : Kjøpe hus i Antalya

    ReplyDelete
  22. Good replies in return of this difficulty with real arguments
    and explaining everything regarding that.
    Also visit my site ... köpa lägenhet i Antalya

    ReplyDelete
  23. Wonderful blog! I found it while searching on Yahoo News.

    Do you have any suggestions on how to get listed in Yahoo News?
    I've been trying for a while but I never seem to get there! Thank you
    my webpage: skin bleaching cream

    ReplyDelete
  24. Genuinely when someone doesn't know after that its up to other viewers that they will help, so here it takes place.
    Here is my weblog how to lose man boobs

    ReplyDelete
  25. I believe this is among the such a lot vital information for me.

    And i am satisfied reading your article. But wanna statement on few basic things, The website style is great, the articles is actually nice :
    D. Just right activity, cheers
    Here is my page - Antalya apartments for sale

    ReplyDelete
  26. Useful information. Fortunate me I found your website accidentally, and I am surprised why this accident
    did not happened in advance! I bookmarked it.
    Also visit my page - Asunto Bodrumista

    ReplyDelete
  27. Hello there! I just would like to give you a big thumbs
    up for the great information you have got right here on
    this post. I am returning to your website for more soon.
    My site :: golden virginia tobacco

    ReplyDelete
  28. I do consider all of the ideas you have offered for your post.
    They're very convincing and will definitely work. Still, the posts are too quick for starters. Could you please lengthen them a little from next time? Thanks for the post.
    my site - Www.Yourtobaccosstore.Com

    ReplyDelete
  29. Valuable information. Lucky me I discovered your website by chance, and I am stunned
    why this accident did not happened in advance! I bookmarked it.
    Have a look at my weblog : amphora tobacco

    ReplyDelete
  30. Wonderful article! That is the type of info that are supposed to be shared around the
    internet. Shame on the search engines for now not positioning
    this publish higher! Come on over and visit
    my site . Thank you =)
    my website - get rid of acne natura

    ReplyDelete
  31. Why people still make use of to read news papers
    when in this technological globe everything is available on web?
    Here is my blog post ... diablo 3 barbarian guide

    ReplyDelete
  32. WE ARE SPARTAAAAA ( Air liur Mencrot ) kalo Achilles ikut di perang ini pasukan yunani dan sparta di bantu pasukan dari Myrmidon jadi Achilles mengacak-ngacak pasukan persia xexexexe. Btw Kalo kisah Perang Troya Yunani VS Trojan pasukan yunani yg di di pimpim king agamemnon dan king menelaos pasukan yunani setengah mati melawan Troya dan tdk bs menembus tembok Troy. bahkan pada saat Achilles tdk ikt perang pasukan Troy mengacak-ngacak pasukan yunani hingga Troya jatuh di tangan Yunani dgn strategi Odeysseus (patung kuda besar). Nah berarti Pasukan Troy juga sama kuat dengan pasukan Yunani benar begitu kan bro..??? :)

    ReplyDelete
  33. Hey! Would you mind if I share your blog with my myspace
    group? There's a lot of people that I think would really enjoy your content. Please let me know. Many thanks
    Also visit my homepage ; immobilienalanya.net

    ReplyDelete
  34. sok tau!
    300 ya 300 saja,
    jgn dtambah2x,
    sotoy lu

    ReplyDelete
  35. Howdy! This blog post could not be written much better!

    Looking through this article reminds me of my previous roommate!

    He continually kept talking about this. I most certainly will forward this article to him.

    Pretty sure he'll have a very good read. Thanks for sharing!
    my website - in the middle of the day

    ReplyDelete
  36. Fоr hottеst news уou hаve tο pаy
    a quiсk visіt the wеb and on web ӏ found
    this ωeb ρage as a beѕt ωeb page for
    most uρ-tо-date updаtes.

    Chеck out my page: diamondlinks review

    ReplyDelete
  37. Film 300: Pelecehan Peradaban Iran oleh Hollywood selengkapnya baca
    http://abatasya.net/2007/04/16/film-300-pelecehan-peradaban-iran-oleh-hollywood/

    ReplyDelete
  38. Mau tanya siapa nama rekan leonidas

    ReplyDelete
  39. leonidas,....
    rambo,....
    wall e,....
    ngimpine wong bule kabeh,....
    sing elek-elek ora di gawe pilem....

    ReplyDelete
  40. aku pecinta sparta...

    ReplyDelete

perfectptr.com