August 15, 2009

Al Walid Orang Terkaya di Arab


1walid1

Selama 20 tahun lebih, tidak ada yang bisa mengalahkan kekayaan Pangeran Al Walid bin Talal bin Abdulazis Alsaud di Timur Tengah. Dia adalah orang terkaya nomor satu di tanah Arab, dan menduduki peringkat ke-13 di seluruh dunia menurut Forbes. Seberapa kayakah Al Walid?

Tak ada yang bisa memprediksikan dengan tepat, berapa banyak kekayaan Al Walid. Termasuk mungkin Al Walid sendiri. Orang hanya mengira-ngira jumlah antara $15 sampai $30 trilyun! Tidak usah memikirkan seberapa banyak, karena jumlah ini sungguh tak terhingga banyaknya.

1walid6

Kekayaan Al Walid tersebar dalam lima bidang: stok perdagangan publik, perusahaan-perusahaan besar yang dimiliki Al Walid, real estate, asset kekayaan, dan kekayaan yang bersifat tunai dan tersebar di berbagai bank di seluruh dunia.

Jika dikalkulasikan, maka perusahaan Al Walid menyumbang $7,88 trilyun, dan menjadikannya sebagai pemilik perusahaan terbesar di Arab Saudi dan Timur Tengah. Perusahaannya meliputi bidang teknologi informasi, kesehatan, entertainment dan turisme. Cittigroup, Apple dan News Corporation adalah tiga nama besar yang dimiliki Al Walid.

1walid2

Dari perusahaan-perusahaan kecilnya, Al Walid mendapatkan “recehan” sekitar $1.611 trilyun. Perusahaannya yang terkenal di sektor ini adalah Rotana, yang bergerak di bidang hiburan di Timur Tengah. 85% industri musik dan 45% industri film di bawah label Rotana.

Sedangkan dari Real Estate, Al Walid mengantongi $3,196 trilyun. Al Walid saat ini memiliki Kingdom Resort. Namun ia tengah membangun Kingdom Oasis yang diperkirakan jauh lebih mewah daripada Kingdom Resort. Biaya pembangunannya saja mencapai lebih dari $4 juta dan akan siap diluncurkan akhir 2009. Di Kingdom Oasis akan ada danau dan kebun binatang pribadi.

1walid3a

Ia mempunyai kapal pesiar sangat mewah, pesawat Boeing 747 pribadi, dan pesawat jet Aibus A380, yang merupakan pesawat paling mewah dan paling besar di seluruh dunia. Ia memiliki 300 mobil dan salah satunya konon adalah Mercedes SL600 yang setara dengan $4,8 juta.

Pangeran Al-Waleed bin Talal bin Abdul Aziz Al lahir pada Maret 1955 dan merupakan anggota kerajaan Saudi. Ia adalah cucu dari perdana menteri Lebanon yang pertama. Saat ini ia mempunyai tiga orang istri.

Pangeran Al Walid tinggal di sebuah rumah yang seharga $100 juta, mempunyai 317 ruangan, berkarpet sutra, 250 unit televisi, dan pelayan yang siap menyuguhkan makanan untuk 2000 orang dalam satu jam. Di rumah itu juga terdapat kolam renang yang menyerupai danau dan sebuah bioskop bawah tanah.

2 comments:

  1. buset... yang perusahan receghannya ajah ampe triliunan gitu sob itu sich bukan recehan namanya heheheh~~~
    Kenali Dan Kunjungi Objek Wisata Di Pandeglang

    ReplyDelete
  2. itu salah data bozzz, ngga ada duit $15 trilliun - $30 trilliun. di logika gini saja. Anggaran NEGARA AMERIKA itu $2 trilliun dollar. nah kalo berarti Waleed harus punya tanah kurang lebih sebanyak 7-15 kali dari Benua Amerika. Mana cukup bumi di tambahi 15x benua Amerika ukurannya segitu. yang betul kekayaannya itu $19 milyar, karena di data (Arab Business Week )dia peringkat ke-13 dari seluruh dunia. orang terkaya dunia itu warren buffet. kekayaannya $70 milyar dollar, itu belum cadangannya sebesar $30 milyar dollar, kalo ditotal itu sampe $100 milyar dollar ( menurut FORBES ). itu yang terdaftar, kalo yang tidak terdaftar diperkirakan 10.000 triliyun poundsterling. bayangkan aja, orang terkaya di cina saja dimodali ama Warren Buffet (si Yahudi), ngeri nggak. Ini data yang sesungguhnya dari Waleed itu :

    Negara-negara Arab memang dikenal dengan kekayaan alam minyaknya. Sehingga tak heran jika banyak di antara keluarga petinggi negara di kawasan teluk itu menjadi salah satu di antara orang terkaya di dunia. Namun, siapa sebenarnya orang terkaya di kawasan Arab?

    Ternyata Pangeran Arab Saudi Al-Waleed Bin Talal Bin Abdulaziz Al-Saud, 54, masih bertengger di urutan pertama sebagai orang terkaya Arab pada tahun ini. Jumlah kekayaannya seperti dilaporkan jurnal bisnis Uni Arab Emirat (UAE) Arabian Business Rich List, mencapai US$ 18 miliar.

    Jurnal itu mencatat bahwa Pangeran Waleed, pemimpin perusahaan Kingdom Holding Company (KHC). Sehingga, dia menempati urutan pertama sebagai orang terkaya Arab tersebut dalam enam tahun terakhir secara berturut-turut.

    Sementara majalah ekonomi Amerika Forbes pada awal tahun ini menempatkan Pangeran Al-Waleed di urutan ke-22 orang terkaya di dunia. "Kendati krisis ekonomi global saat ini, Waleed masih mampu menambah kekayaannya sebesar satu miliar dolar AS," kata Arabian Business.

    Disebutkan, meskipun nilai pendapatan perusahaan KHC sedikit menurun dibanding periode sama tahun sebelumnya, namun angkat deposito dan beberapa aset Waleed lainnya bertambah secara signifikan. Menurut laporan itu, kekayaan Pangeran Waleed juga termasuk sejumlah perusahaan di luar KHC, yang pada tahun lalu mencatat keuntungan US$ 560 juta.

    Selain itu, pendapatan dari bisnis real estatenya tercatat US$ 3,18 miliar, dan beberapa aset lain memeroleh US$ 1,7 miliar. Dia juga memiliki aset transportasi senilai US$ 822 juta, termasuk pesawat pribadi miliknya, superjumbo pertama dunia, A380, berjulukan 'Istana Terbang'.

    Kekayaan Pangeran Waleed juga termasuk koleksi berlian, investasinya di bandar laut Prancis, dan penanaman investasi di sejumlah negara. Jurnal itu menyebutkan, angka kekayaan itu telah dikonfirmasi oleh kantor pribadi Sang Pangeran di Riyadh. Majalah Time menjuluki pangeran kelahiran Riyadh pada 1955 itu sebagai 'Warren Buffett Arab'.

    Warren Edward Buffett tercatat sebagai orang terkaya dunia. Pria kelahiran Omaha, Nebraska, Amerika Serikat yang saat ini berusia 79 itu, seperti dicatat majalah Forbes pada 2008 menggantikan posisi Bill Gates, sang bos Microsoft.

    ReplyDelete