July 20, 2009

Mendaftarkan Blog ke Search Engine


Bagi blogger pemula mungkin beranggapan bahwa dengan membuat blog, blog kita langsung terindeks dengan mesin pencari yang ada seperti Google, Yahoo, Msn atau mesin pencari yang lain.

Banyak cara yang bisa kita lakukan agar blog kita bisa dikenal dan di kunjungi oleh blogger-blogger lain, salah satunya adalah dengan mendaftarkan blog kita pada mesin pencari.

Sehingga ketika orang memasukkan keyword pada mesin google misal, maka blog kita akan terindeks di mesin mereka karena kita sudah mendaftar blog kita pada mesin pencari.

Bagaimana cara mendaftarkan blog kita ke search engine?

1. Daftar ke Google

Silahkan kunjungi http://www.google.com/addurl/ nah apabila sudah berada pada halaman pendaftaran ada beberapa langkah yang harus di lakukan, yaitu mengisi form yang di sediakan :

  • URL –> Isi dengan URL blog anda.
  • Comments –> Isi dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan blog anda
  • Isi kotak kosong dengan huruf Verifikasi yang tersedia
  • Klik tombol Add URL
  • Selesai

Setelah melakukan pendaftaran ke Google, maka tidak serta merta blog yang di daftarkan langsung terindeks pada mesin pencarinya, akan tetapi memerlukan waktu untuk bisa terindeks di mesin pencari google.

Maka coba masukkan alamat blog yang tadi di daftarkan pada search engine google, kalo belum terindek berarti masih dalam proses dan blog kita juga meski bersaing dengan ribuan blog yang ada :)

2. Daftar ke Yahoo

http://siteexplorer.search.yahoo.com/submit Akan tetapi untuk mendaftar ke yahoo, kita harus terlebih dahulu mempunyai account yahoo, karena di perlukan log in terlebih dahulu ke account yahoo. Bagi yang belum punya account yahoo (email di yahoo) silahkan bikin dulu, bagi yang sudah punya, tinggal login dengan username serta password yang kita punya.

Apabila sudah login, nanti sudah tersedia kolom untuk di isi, silahkan isi kolom tersebut dengan URL yang kita punya, kemudian klik tombol Add URL, selesai.

3. Daftar ke MSN

http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2 silahkan isi huruf verifikasi dan URL pada kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Submit URL, selesai.

That's easy right? oke selamat mencoba…

0 comments:

Post a Comment

perfectptr.com